Minggu, 06 November 2011

Konsep Negara


MELURUSKAN KESALAH FAHAMAN KONSEP NEGARA
Oleh Adkha Maeluny
Suatu masalah yang sangat peka dalam kancah kenegaraan saat ini adalah masalah konsep negara Indonesia apakah itu Republik sesuai amanat konstitusi ataukah nagara Islam berdasarkan Alqur'an.oleh karena itu kiranya sangat perlu dan sangat di butuhkan renaisence tentang itu,dan karena itu pula saya berusaha memaparkan masalah ini sebagai refleksi untuk menuju negara yang aman sejahtera jauh dari perpecahan.kalau dalam bahasa Qur'annya baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur.
Sebelum kita lebih jauh melakukan penetrasi kedalam,marilah kita tengok kembali kondisi sosiologis masyarakat Bangsa Indonesia.dan pada akhirnya kita menemukan suatu realita akan keheterogenitasan atau kemajemukan bangsa ini.dan kita tidak bisa mengelak atau bahkan memungkiri akan kenyataan itu.banyak orang atau kelompok yang lupa akan kenyataan di Indonesia yang syarat akan kemajemukan sehingga banyak pula yang salah paham atau bahkan pahamnya salah.dari 250 juta jiwa sebanyak itu pula penafsiran yang muncul terhadap hal ini.namun itulah Indonesia meskipun berbeda - beda (malah kadang banyak juga yang tonjok - tonjokan) namun akan tetap satu sesuai jargonnya Bhineka Tunggal Ika.dan sesuai dengan firman Allah SWT yang berbunyi " Wa'tashimu bi hablillahi jami'an wa laa tafarroqu " artinya berpeganglah kalian semua pada tali Allah dan jangan lah kalian terbelah - belah atau saling bertentangan.
Dalam artikel ini saya ingin merujuk pada apa yang sudah diputuskan oleh para Ulama sewaktu Muktamar Nahdlotul Ulama tahun 1935 di Banjarmasin yang telah menghasilkan suatu statement penting tentang konsep negara.statement tersebut mengindikasikan bahwa selain Negara Islam ( Baladul Islam ) ada satu konsep negara yang lain yaitu Negara Damai ( Baladus Salam ).dan konsep negara damai itulah yang sangat cocok dengan konteks kondisi masyarakat indonesia.dengan kata lain indonesia adalah negara islam dilihat dari perspektif syara'.karena masyarakat indonesia secara dominan memeluk islam sebagai agama meskipun pemerintahannya kafir.sebagaimana Indonesia pada masa - masa kemerdekaan.selain alasan itu karena Indonesia pernah dikuasai oleh Islam pada masa kerajaan Islam Demak dibawah kepemimpinan Raden Patah.
Dengan keputusan muktamar NU itulah,sewajarnya kita menerima kenyaatan kedudukan negara dalam pandangan Islam yaitu kenyataan tentang tidak perlunya mendirikan sebuah Negara Islam Indonesia seperti yang telah didengung - dengungkan oleh kelompok elit di Saudi Arabia,Pakistan,Iran dan Mauritenia.seperti yang saya sebutkan diatas bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia terpatri dengan kemajemukan dan itu dalah alasan utama dan pertama mengapa tidak patutnya mendirikan sebuah Negara Islam Indonesia.
disamping alasan mendasar lainya bahwa agama islam tidak membutuhkan medium konsensus untuk menjalankan syari'at islam karena ajaran islam adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemeluknya.tanpa adanya suatu negara yang mengkonstitusikan toh ajaran agama islam akan tetap berjalan.contoh kita melaksanakan sholat jum'at itu bukan karena adanya undang - undang negara melainkan karena itu diperintahkan oleh syari'at islam .dan tentunya atas dasar kesadaran orang muslim itu sendiri.
Inilah argumen yang membuat kita tidak perlu mendirikan Negara Islam.kemajemukan yang tinggi dalam kehidupan Bangsa Indonesia ini memungkinkan kita hanya bisa bersatu dan kemudian mendirikan sebuah negara yang tidak berdasarkan ajaran agama tertentu . coba saja anda bayangkan dampak andai kata Indonesia dijadikan Negara Islam.hal ini hanya akan menjadi sebuah utopia ( khayalan ) karena belum tentu masyarakat yang non muslim maupun pihak muslimin pribumi ( kaum abangan ) menyetujui dan tidak keberatan atas gagasan mewujudkan Negara Islam Indonesia.andai Indonesia dipaksakan menjadi negara islam,maka sudah dipastikan yang akan terjadi adalah serangkaian pemberontakan bersenjata yang merugikan pihak islam sendiri seperti pada kasus DI/TII pada kurun waktu tahun 50-an.tentunya sebagai warga muslim yang cerdas dan bertanggung jawab haruslah menolak perpecahan daripada melaksanakan kemaslahatan untuk kepentingan sendiri.relevan dengan qoidah fiqh yang berbunyi " daf'ul mafasid yuqoddimu ala jalbil masholih ".
Lah sekarang bagaimana dengan ayat qur'an " waman lam yahkum bima anzalallahu fa ula ika humul kafirun " yang artinya barang siapa yang tidak berhukum pada al qur'an maka dia adalah tarmasuk orang kafir ? Harus kita ketahui bahwa hukum itu bersifat dinamis ,bergerak.hukum itu sangat terkait dengan sejarah perkembangan kondisi masyarakat ,bangsa, dan negara.kaitannya dengan ayat tersebut,bahwa ayat tersebut diturunkan kepada orang - orang ahlul kitab yang tidak mau berhukum kepada kitab taurat.RasulullahSAW yang sedang duduk di tengah - tengah para Sahabatnya tiba - tiba didatangi orang-orang Yahudi. Mereka bertanya, “Wahai Abu al-Qasim, apa yang engkau katakan tentang seorang laki-laki dan perempuan yang berzina ? Beliau tidak mengeluarkan sepatah kata pun kepada mereka hingga Beliau sampai di rumah mereka yang menjadi tempat gunjingan. Beliau berhenti di depan pintu dan bersabda, “Aku bersumpah atas nama Allah yang telah menurunkan Taurat kepada Musa. Hukuman apa yang kalian temukan dalam Taurat terhadap orang muhshan yang berzina?” Mereka menjawab, “Wajahnya ditandai hitam, diarak di atas khimar, dan dicambuk.” Ada seorang pemuda di antara mereka yang diam. Ketika Rasulullah saw. melihat pemuda itu, Beliau menegaskan kembali penyumpahannya. Pemuda itu pun berkata, “Jika engkau menyumpah kami maka kami menemukannya di Taurat adalah rajam.” Nabi saw. bertanya, “Apa yang mengawali kalian mengurangi perintah Allah itu?” Dia menjawab, “Ada kerabat dari seorang raja yang berzina, lalu raja itu menunda pelaksanaan rajam. Setelah itu, ada seorang laki-laki yang berpengaruh di tengah masyarakat juga berzina. Ketika hendak dirajam, kaumnya mengelak seraya berkata
“Kami tidak akan merajam sahabat kami jika engkau tidak merajam sahabatmu.” Akhirnya di antara mereka pun terjadi kompromi dengan hukuman ini.” Nabi saw bersabda, “Sesungguhnya aku menghukumi dengan apa yang ada dalam Taurat.” Beliau pun memerintahkan kedua pelaku perzinaan itu dirajam. jadi tidak ada kaitannya.kalaupun ada kaitannya maka sikap kita haruslah bijaksana dalam melihat kondisi masyarakat yang ada sekarang.kalau hukum islam yang dimengerti dan dipahami itu dipersempit dengan tidak melihat situasi kondisi sebuah masyarakat maka islam yang rohmatan lil alamin tinggallah sebuah jargon yang tak pernah terealisasi dan mungkin muncul wacana " dimanakah islam yang disebut sebagai agama yang universal dan rahmatan lil alamin ?.malah pemikiran dan kesalah pahaman tentang hukum islam yang seperti itulah yang akan menjadi bomerang tersendiri terhadap kaum muslim.serta akan memahat pandangan islam sebagai agama yang ekstrim dan keras.
Sebenarnya hukum islam adalah sebagai pelengkap hukum negara yang harus dipelihara dan dikembangkan guna mengawal jalannya hukum negara.sekali lagi saya tegaskan bahwa yang harus kita pahami dalam konteks ranah hukum adalah segi pemakaiannya bukan dari segi baik atau tidaknya apalagi dilihat dari segi bikinannya.
Jadi hukum itu harus kita pandang apakah hukum tersebut cocok atau tidak jika dijalankan dalam kenegaraan khususnya di indonesia ini.dan inilah yang telah islam ajarkan berabad - abad lamanya agar islam menjadi agama yang rahmatan lil alamin.artinya agama islam itu datang kepada manusia untuk kepentingan kemanusiaan.bukan malah dipersempit datang kepada manusia namun untuk kepentingan manusia itu sendiri.jika ini terjadi maka islam berarti disalah gunakan. Ini prinsip yang harus dipahami bedanya.
Jadi yang terpenting dalam menata kehidupan berbangsa dan bernegara ini adalah bagaimana kita menciptakan suasana kehidupan masyarakat yang damai dan sejahtera.baik itu antar sesama muslim,maupun antar muslim dengan non muslimnya.jangan sampai dalam suatu kehidupan yang fana ini timbul permusuhan yang berujung pada pertumpah darahan serta berbuntut dengan penindasan atas nama agama tertentu.ini sungguh tidak sesuai dengan ajaran pokok syari'at islam dan saya yakin setiap agama adalah sama - sama mengajarkan tentang hal tersebut.kita harus saling memahami karena seluruhnya adalah sama - sama anak bangsa.memformalisasikan agama tertentu dalam konteks negara yang syarat akan kemajemukan hanya akan menimbulkan kekacauan sistem yang ada.sistem yang telah berabad - abad lamanya telah terbukti menyatukan seluruh elemen bangsa.selain hal tersebut kita juga perlu menengok kembali sejarah yang terjadi dizaman Rosulullah SAW .ketika Rosulullah SAW hijrah ke madinah beliau mendapati suatu keadaan masyarakat madinah yang beraneka ragam .penduduk madinah pada waktu itu tidak hanya pemeluk islam,namun ada juga yang beragama yahudi,nasrani yang sudah manempat di madinah jauh hari sebelum kedatangan islam.tepatnya sejak pelarian bangsa mesir yang dipimpin oleh nabi musa as.
melihat kondisi masyarakat madinah yang kompleks itu,maka Rosulullah SAW mengajak seluruh masyarakat madinah dari semua kalangan untuk bermusyawarah menciptakan suasana kehidupan yang lebih baik.nah, dari musyawarah itulah di hasilkan sebuah keputusan atau kesepakatan yang kita kenal dengan sebutan mitsaq madinah atau piagam madinah .yang intinya adalah bahwa setiap pemeluk agama meghormati terhadap pemeluk agama lain dan menyatakan bahwa seluruh masyarakat madinah baik islam maupun yang non islam adalah satu kesatuan umat.dan untuk selanjutnya piagam madinah tersebut menjadi sebuah undang - undang bermasyarakat dalam konteks keheterogenitasan.hal ini sangat pas dengan kondisi Negar Indonesia saat ini.oleh karenanya kita harus beruswah kepada apa yang telah Rosulullah SAW ajarkan.
Sebagai penutup kembali saya ingin menghimbau bahwa agama dan negara adalah entitas yang berbeda.namun keduanya saling melengkapi.agama menjadi perlengkapan sebuah negara sebagai instrument wadah masyarakat.dan begitu pula negara terasa lengkap dengan kehadiran agama sebagai sarana untuk membentuk moral,etika,dan spiritualitas yang berakhlaqul karimah sesuai dengan ajaran agama islam.karena negara tanpa agama sudah dipastikan tak akan pernah terwujud kemakmurannya.kita harus mengetahui bahwa esensi islam tidak dilihat dari segi dlohirnya atau kulitnya saja namun islam itu tercermin dari akhlaq yang dilaksanakan.sehinga tercapailah sebuah negara yang dibingkai dengan ajaran islam.yang artinya bukanlah memformalkan agama dalam negara namun yang dimaksud adalah mengkreasi sebuah negara agar menciptakan ruang luas sebagai lahan untuk menggelorakan semangat keagamaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar